Freelancing Done Right Seminar

27 Mar
Freelancing Done Right Seminar

Behind The Scenes
Setelah 1 bulan berembuk dengan Aria Rajasa, akhirnya kita dapat merealisasikan rencana kita untuk membuat sebuah seminar mengenai freelancing dan evolusinya menjadi sebuah usaha yang mandiri. Seminar yang kita namakan “Freelancing Done Right” merupakan pengembangan dari materi presentasi yang pernah saya bawakan pada acara FreSh! (Freedom of Sharing) bulan November lalu. Lebih dari 300 email yang masuk ke inbox saya berisikan pertanyaan mengenai freelancing membuat saya ingin membuat seminar untuk merespon terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Bulan Januari lalu saya mulai merencanakan seminar ini, mencari partner atau bendera dimana saya bisa memulai ini. Alhamdulillah saya bertemu dengan manusia-manusia dari ruangfreelance.com yang menyambut baik ide saya ini, yang diikuti dengan banyak sarapan pagi di McDonald Duren Sawit.
Kita sepakat untuk mencoba dulu dengan limited crowd. Tadinya cuma 20 orang, meningkat jadi 25 dan akhirnya 30. Menggandeng OBC (Oxford Business College) untuk sertifikasi, Alhamdulillah kita mendapat response baik, tiket habis dalam kurun 1 minggu, bahkan antusias mereka yang mau hadir banyak sekali hingga tak tertampung. Next time kita bikin yag besar deh guys. Amin.

The Show
Diadakan pada 21 Maret 2009 di cafe Au Lait Cikini (disitu melulu) pada jam 10.00 pagi teng, acara dimulai dengan presentasi “Freelancing Done Right” dari saya sendiri. Rencananya ngomong 1 jam, kok molor sampai hampir 2 jam karena terlalu asik. Saya mencoba approach dari sisi management daripada freelancing business, dari mengatur waktu, dokumentasi, keuangan, marketing, dst. Juga dari sisi passion, drive, dan bagaimana menempatkan diri menjadi profesional. Intinya, untuk survive sebagai freelancer lah. Semoga memberi jawaban atas banyak pertanyaan dari kawan-kawan freelancer selama ini. Hope it helps.

Freelancing Done Right Seminar

Freelancing Done Right Seminar Acara dilanjutkan dengan makan siang dan coffee break sebelum dilanjutkan kepada topik kedua yaitu best practices of freelancing yang dibawakan oleh dedengkot Digital Grafis Studio; Harry & Ardy. Mereka membawakan proses-proses yang harus dilewati seorang freelancer menuju kemandirian secara individual, personal problems dan attitude dalam presentasi mereka berjudul “Freelance is not a RockStar“. Mereka juga membahas bagaimana merubah cara mengerjakan pekerjaan menuju online, cara menjual dan mengantisipasi hal-hal yang buruk, terutama delays.

Freelancing Done Right Seminar Terakhir adalah guest speaker kita, Ollie. Dia yang menurut saya adalah seorang freelancer saat menjadi penulis pada awal karirnya, telah berhasil merubah passionnya menjadi sebuah usaha toko buku online dan ekspansi untuk memenuhi passion lainnya. Very inspiring.

Acara ditutup dengan pembagian sertifikat, foto-foto bersama, dan memperkenalkan teman-teman kami dari Fresh! dan webPM serta kegiatannya. Hopefully dalam waktu dekat kita akan membuat acara seminar yang lebih besar di kota lain. See you there.

Reviews of the event
Review @ ruangfreelance.com
Review @ Yopdesign’s blog
Review @ Salsabeela’s blog

Photos from the events

Freelancing Done Right Seminar
Freelancing Done Right Seminar
Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar
Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar
Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar Freelancing Done Right Seminar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: