Hari gini masih ada aja Nigerian Scam

30 Aug

Pernah dengar istilah “Nigerian Scam”?
Ini adalah istilah yang digunakan untuk metode penipuan yang dilakukan via internet oleh kriminal asal Nigeria. Metode ini sudah ada sejak lama, khususnya sejak terjadinya kudeta di Nigeria. Modusnya sama; mengirim email kepada anda, mengaku orang penting (wakil dari eks pemerintahan lama, bankir, istri presiden lama atau lainnya) yang memiliki uang banyak namun butuh orang luar untuk membantu mengeluarkannya dari negara itu dengan cara ditransfer ke rekening anda, dan nanti anda akan diberikan 30% sebagai ongkos. Akhirnya saat transfer anda akan diminta uang jaminan oleh orang yang mengaku dari Bank Swiss dan akhirnya anda akan mengeluarkan duit banyak hingga akhirnya no more contact. You’ve been scammed (ditipu).
Hal ini bukan fenomena baru, sudah usang malah. Jeremy Wagstaff dalam buku paperback out-of-date keluaran 2007-nya berjudul Loose Wire[1] yang saya dapat secara gratis (hehehe) menuliskannya di bab 4 bagaimana ia meledek mereka dengan cara melayani email mereka yang mengaku sebagai Maryam Abacha. Jeremy memberikan data dari perusahaan anti penipuan Ultrascan Advanced Global Investigations yang berlokasi di Belanda, bagaimana dalam tahun 2005 saja, sebanyak USD$ 3,2 trilyun didapatkan oleh para Nigerian Scam.

Now our story begins…
Salah seorang kolega di kantor gue tiba-tiba kesengsem setengah mampus. Sudah beberapa hari account facebooknya berisi kata-kata manis dan penuh kebahagian[2]. Yup, she’s in love.
Menurut laporan sekretaris gue, sejak lama banget dia pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget punya pacar orang bule, dan sepertinya do’anya terjawab. Dapet orang Inggris bow, tajir bin ganteng pula. Lebih okenya, dia siap pindah ke Jakarta, menjadi mualaf dan meminangnya ke pelaminan. Ya kita cuma bisa bilang Alhamdulillah dan turut senang.
“Ganteng loh pak, kayak foto model”, kata seorang karyawan. Saya belum lihat sih, dan males juga cari tau urusan orang.

Tidak turut campur saya ini berakhir kemarin siang, jam 2 tepatnya saat karyawan yang kesengsem jatuh cinta ini mengetuk pintu kantor saya.
“Mas, boleh gak pinjem komputer bapak sebentar buat cek online banking? Di blackberry saya gak kebuka”
“Boleh, silahkan”

Ia lalu mengetik alamat bank Natwest, cuman kok akhiran dari url-nya bikin curiga (http://natwestonline-uk.es.tl), dah gitu untuk sebuah institusi bank, itu website jelek amat yak. Reminds me of websites made with Microsoft Frontpage back in the late 90s. Lalu gue tanya: “Rekening kamu? Baru tau Natwest Bank buka cabang di Indonesia”.
“Bukan mas, ini punya pacar saya”, katanya sembari memasukkan username dan pin yang tertera di blackberrynya. “Dia minta saya ngecek apakah uang pembayaran proyek dari pemerintahan Nigeria sudah masuk belum?”

Wajahnya tiba-tiba berubah jadi berbinar.
Angka fantastis 16.980.000 poundsterling tertera di layar.

Serius, gue gatel. Bukan karena liat angka di layar, tapi itu website jelek amat, sumpah. Sebagai designer yang sudah hampir 8 tahun mengerjakan GUI untuk beberapa web dan aplikasi bagi dunia perbankan, no way ada bank yang bikin website sejelek itu. Apalagi online acount report yang tidak ada previous balance atau option untuk services yang lain, gue amat sangat yakin ini palsu.

“Sorry nih, boleh gak gue cek bentar?”. Setelah dipersilahkan, gue cukup click view source dan jreng-jreng, dugaan gue bener, ini fake website. Semuanya hardcode HTML sampai ke angka, made with Microsoft Frontpage 97 pulak.

Shit man, gue rada gak tega bilangin. Tapi bagaimana, evidencenya di depan mata gue dan gue tau fraud/scam macam ini. Hard decision, tapi akhirnya gue angkat bicara.

“Bukannya aku mau turut campur nih, tapi website ini palsu. Data yang kamu lihat palsu.” aku katakan pada rekan kantorku.
“Maksudnya mas?”
“Ini website gadungan, lihat aja. Log out pindah halaman gue pencet back bisa, gak secure, ini data palsu, apalagi ada embel-embel Nigerianya.”
“Yang bener mas??”
“Beneran loh, aku gak ada maksud apa-apa, cuman ini semacam alat untuk nipu. Kalau boleh tau, kok bisa sampai begini ceritanya gimana? Kalo kamu gak mau cerita gak apa-apa, gue gak maksa. Secret safe sama gue.”, kata gue.
“Sebentar mas…”, katanya sembari keluar ruangan.

Sekitar sejam kemudian dia kembali, membawa beberapa lembar fax yang kemudian diberikan padaku, matanya rada berkaca-kaca. Dia bercerita bahwa sudah sebulan lebih ini dia kenal seseorang di facebook dan mulai chatting terus. Needless to say, mereka pacaran online lah akhirnya. Dia orang Inggris bernama Raymond Cole, janji mau ke Indonesia dan meminang akhir tahun ini, bersedia jadi mualaf. Kabarnya sebulan lalu ia mengerjakan proyek ke Nigeria. Dari Nigeria mereka terus keep contact, hingga melalui telepon.
One day, si Raymond telpon, bilang kalo dia dapet duit banyak di Nigeria, dia mau langsung ke Indonesia aja bulan depan. Dia minta kakaknya kirim semua barangnya ke Indonesia melalui jasa perusahaan bernama Globalink Express. Pagi tadi dia katanya dapat kabar dari perusahaan itu bahwa barang-barang si Raymond stuck di Malaysia, gak bisa masuk karena kurang biaya pajak masuk dan uang pelicin untuk petugas bea cukai Indonesia. Dia diminta membayar fee sebesar USD$1200 agar bisa masuk.
Dia telpon lah pacarnya, melapor. Pacarnya minta dia bayarin dulu karena susah dia transfer uang dari Nigeria, katanya susah internet connection disana… (lho, kok bisa chatting dan facebook hampir tiap hari?!??).
Pacarnya bilang untuk tidak khawatir, pasti nanti diganti (plus rayuan gombal lainnya). Dia memberikan alamat e-bankingnya di Natwest supaya percaya.

Well, it was a fake like I said before. Semuanya fake sampai ke perusahaan jasa pengiriman palsu Globalink. For a company that has a tracking service, the quality of the web design is shit. Yang global link ini agak pinter karena dibuat seakan bukan hard coded html saat dibuka source codenya, tapi teteup lah kebaca ama gue, apalagi di fumble, semuanya masib berextension .html semua.

Mulailah pengecekan, dari nomor telpon yang lumayan palsu: +44 7234 xxxxx. Nomor +44 memang kode internasional Inggris (Indonesia +62), tapi nomor 7 setelah nomor internasional adalah nomor divert, dan divert itu tujuannya adalah Nigeria (234).

Lalu dimulailah google search dengan keyword: Raymond Cole Scam Nigerian
The result was………… banyak banget.

Gue merasa kasihan banget sama rekan sekantor gue, dia heart broken banget dan kesel (ya iya lah). In a way, I feel guilty, tapi masa’ gue tega membuiarkan dia terus ditipu dan sampai kehilangan uang. I didn’t feel good at the end of the day, but I didn’t feel bad either.

Watchout guys, there are a lot of bad guys in the world, and the internet is one of its tool to get their prey.

_____________________________

[1] out of date karena isinya tentang teknologi, dan lompatan teknologi begitu tinggi, hingga buku 2007 itu sudah obsolete.
[2] She’s not your typical jolly person.

27 Responses to “Hari gini masih ada aja Nigerian Scam”

  1. bertha lande March 30, 2011 at 1:35 am #

    hallo Bapak chandra,bisa bantu saya?
    baru-baru ini saya mendapat kenalan dari inggris,sepertinya kasusnya hampir sama, namanya richard edwin, jadi tiga minggu ini dia sudah email ke saya, biasa dengan kata-kata yang merayu, untungnya saya biasa saja.
    dia mengatakan dia minta tolong dari bank natwest di inggris untuk transfer ke dia lagi ke negara nigeria, dan saya mendapatkan email dari natwest bank<info@nwb-ukonline.com dan di kop suratnya tertulis rayners lane branch 362, reyners lane pinner middlesex ha5 5eb london,teleponnya +44704 579 4929, fax. +44700 592 1546, di keterangan tertulis payment alert notification sebesar usd.500.000,- dan terakhir suratnya ditulis account department, dr.williams greg email: accountdepartment@nwb-ukonline.com, dan terakhir tertulis dr robert j daniels foreign payment(dept) director,natwest bank,rayners lane branch.london,united kingdom,saya sudah curiga tapi saya belum kontak ke natwest bank di inggris.,kira-kira menurut pak chandra,itu palsu atau tidak,?saya perlu jawaban dari bapak Chandra,sebelumnya terima kasih.

    • Chandra Marsono March 30, 2011 at 1:37 am #

      Jelas palsu, dari alamat email saja sudah aneh. nwb-ukonline sedang dalam konstruksi, dan icon konstruksinya hasil comot dari web. Apa iya bank sebesar Westminster nggak mau mengeluarkan uang untuk construction page yang lebih intuitif, dan tidak etis sebuah layanan jasa untuk mengeluarkan email dengan url dimana websitenya belum aktif.

      Kedua, yang ngirim titlenya dr (dokter) atau DR (doktor), di Inggris mereka yang bergelar S3 tidak akan ditempatkan pada low level management atau micro management yang bertugas menginformasikan nasabah.

      Ketiga, ngirim dana ke Nigeria?? Investasi disana?? Ngga’ tau apa inflasinya kayak apa? Yang masuk ke Nigeria untuk investasi negara dan korporat saja gak berani, eh dia personal.

      Oh ya, Richard Edwin. Kalau dia orang Amerika namanya masih boleh lah, tapi di Inggris tidak ada yang punya nama dengan dua nama depan. Jangan dibalas dan ditanggapin mbak, pasti diujungnya orang Nigeria.

      Hope it helps.

      • bertha lande March 30, 2011 at 11:17 am #

        terima kasih yah pak atas informasi dan jawaban dari email saya…

  2. Chandra Marsono March 31, 2011 at 1:10 am #

    Ur welcome. Semoga kita tidak sampai ketipu orang-orang seperti itu.

    • yanti sofia August 23, 2011 at 9:40 am #

      terima kasih sebelumnya pak chandra, sudah hampir sebulan ini juga mendapat email dan chating dengan orang inggris bernama micheal george yang mengakui sebagai seorang pebisnis dan sangat sibuk, jadi singkat cerita dia ingin membeli rumah dijakarta sebagai warehouse bwt cabang dr usahanya, kemudian dia meminta saya mencarikan rumah itu dan akan mengirim uangnya, singkat cerita dia memberikan detail bank sbb:
      NATWEST ONLINE BANK PLC UK OFFICE OF THE INTERNATIONAL TRANSFER AND REMITTANCE (FINANCIAL CENTRE),

      1 Granby Street,

      City Centre, Leicester

      Leicestershire LE1 6EJ

      .London, United Kingdom

      Mr. Alvin Torres

      Accounting Manager

      Tell: +44 772-9911-063

      Personal E-mail: mr_alvintorres@yahoo.com
      Bank E-mail: transfers@ntwstbnk.co.uk
      Bank E-mail accounts@ntwstbnk.co.uk

      Kemudian setelah saya menghubungi Mr. alvin lwt online intinya saya harus melakukan payment sebelum melakukan transfer. Untungnya sebelum saya melakukan payment saya membaca blog anda. Saya mohon bantuan dr anda pak chandra, apakah orang yg bernama micheal george ini mencoba ingin menipu saya???Terima kasih.

      • Chandra Marsono August 23, 2011 at 10:31 am #

        Hello Yanti. Tinggal kamu cek aja “ntwstbnk.co.uk” yang ternyata parked domain. Website Natwest bank yang asli adalah: http://www.natwest.com/

        Yup, si mr.Micheal George (dua nama depan) ini penipu.

  3. yanti sofia August 25, 2011 at 9:47 am #

    yup saya sudah cek domainnya dan ternyata memang bukan link asli dr website Natwest bank. Dari sejak dia meminta saya untuk membantunya mencarikan warehouse saya sudah mulai curiga dan sekarang saya semakin yakin kalau orang ini hanya ingin menipu. sekali lagi saya ucapkan terima kasih pak chandra

  4. Surya Kikuk January 18, 2013 at 2:04 pm #

    saya baru baca articel ni sekarang saya juga dapat email kaya gitu warisan saya sudah terlanjur ngirim identitas saya nama,alamat, dan no hp dan terakhir juamat 18 january 2013 orang itu mengirim form pencairan dana tapi sampai sekrang saya belum tanggapi itu dia mengaku orang inggris atas nama alex lyons dengan no hp dia 44 – 702 401 0889 bagai mana dengan identitas saya yang sudah terlanjur terkirim ke emailnya dia

    • Chandra Marsono January 20, 2013 at 2:25 am #

      Hai Surya.
      Mendingan gak usah diterusin secara IMHO gak ada orang Inggris bernama Lyon yang Prancis abiess. Untuk perihal identitasmu yang sudah dikirim antara kamu akan mendapatkan hasutan-hasutan via surat atau (amit-amit) namamu serta identitasmu akan digunakan olehnya untuk nipu orang lain. Semoga hal yang kedua gak akan terjadi. Aamiin.

      • Surya Kikuk January 27, 2013 at 7:48 pm #

        itu yang saya takutkan identitas yang sudah terlanjur terkirim karena kecerobohan saya disalah gunakan baik nama maupun alamat untuk kejahatan yang akan dilakukanya lagi

  5. Niar August 19, 2014 at 1:47 am #

    Pak Chandra, sudah hampir sebulan ini juga mendapat email dan chating dengan orang inggris bernama Dushan Klaus dari Inggris pekerjaan sebagai arsitek di London, dia sudah menuliskan alamat lengkap rumahnya di sana dan tempat diaman dia bekerja, saya sudah cari di google jarak antara rumah dan kantornya tapi tetap tidak ketemu berapa jarak tempuh antar rumah dan kantornya, sekarang dia kasih saya no hp nya +447934546890, dia sudah mengirimkan banyak photo kepada saya lengkap dengan photo anaknya, saya mohon bantuannya apakah no yang tertera diatas palsu atau tidak ya

    • Chandra Marsono August 29, 2014 at 3:14 am #

      Apa ia orang Inggris asli? Karena nama Klaus itu antara German atau Nordic (Finlandia atau Swedia). Boleh tahu modusnya? Jika ada permintaan soal uang baik ia akan mengirim atau meminta anda memberikan sedikit dulu, baru anda boleh curiga. Atau jika ia meminta anda merahasiakan sesuatu dari orang terdekat anda, itu juga boleh anda curiga. Jika tidak, jalankan saja dulu. Ikuti kata hati bila ada yang merasa gak beres.

  6. yohana October 30, 2014 at 3:47 am #

    Pak Chandra, saya punya kenalan dari dating site, dari UK bernama James Leonard ( berasal dari usa ttp tinggal di UK , menurut pengakuan dia ) , dia memberikan no telpon nya +447031937195, dalam waktu dekat dia akan ke thailand , lalu ke Jakarta. dia meminta no hp saya, tapi saya blm memberikan. yang ingin saya tanyakan apakah no telpon yg dia berikan palsu? terima kasih pak

    • Chandra Marsono November 11, 2014 at 5:42 am #

      Dear Yohana,
      Saya gak bisa tracking tuh bener apa nggak, tapi kamu cukup perlu waspada jika dia mencurigakan seperti tidak pernah mau di telpon atau tidak mau skype (telepon video) dimana identitasnya terlihat keasliannya. Yang jelas harus waspada jika sampai ia meminta/meminjam uang. Bahkan misalnya minta dibayarin dulu transaksi apa di Indonesia dengan bilang nanti aku ganti dgn di transfer.

  7. yohana October 30, 2014 at 6:10 am #

    dan dia memberikan alamat email jamesleonard24@outlook.com
    apakah alamat email ini palsu? terima kasih pak

    • serina August 6, 2015 at 11:46 am #

      Hallo pak candra tolong ini benar apa tidak saya berkenalan dengan seorang pria inggris sekarang dia ada di malaysia dan dia butuh uang karena 2 minggu yang lalu dia kecopetan dia akan mentranfer sejumlah uang 20.000 pounds dan saya harus membayar biaya tranfer karena bukan dia yang mengirimkan uangnya melainkan managernya
      Dan ini nomer telepon UKnatwestbank
      +447937453731
      Fax 0793743735 dan emailnya
      UKnatwestbank
      tolong inform terima kasih

      • Chandra Marsono August 7, 2015 at 6:17 am #

        Saya rasa sih palsu. Kalau dia kecopetan, sebagai warga Inggris di negara commonwealth (Malaysia), dia tinggal ke konsulat Inggris pasti dibantu kok.

  8. adisty September 15, 2015 at 8:07 am #

    pa chandra saya juga mendapat inbox dari fb yg menggaku tentara sekarang bertugas di afganustan invanteri ke 3 tapi saya membaca tulusan anda dan coment2 yg lain hampir sama namanya leonard jekinson di memberi tahu no na 44 7937 4404 28 itu no pslsu ya??

    • Chandra Marsono September 16, 2015 at 3:40 am #

      Masukkan nomer +44 7937440428 ke Google dan akan keluar bahwa nomer tersebut adalah IP caller. +44 itu nomor int UK, tapi nomor yang kamu berikan teregister sebagai IP caller, dengan kata lain menelpon melalui PC dan sumber aslinya tidak diketahui. Asli atau tidak orang teersebut saya tidak tahu, tapi hati-hati ya karena gak jelas.

  9. dessy October 31, 2015 at 2:02 pm #

    Hallo Pak Chandra, tolong bantu saya..baru2 ini saya dapat kenalan namanya Wilson Thomson dari inggris dan dia mengaku bisnis man,dan saat ini dia mengaku sedang ditahan di India karna harus membayar uang sebesar USD 500 dan meminta bantuannya saya untuk membayarnya jika tidak dia akan dipenjara selama sebulan, bodohnya saya memberikan no telp dan alamat rumah saya,apakah saya sedang di tipu pak?

    • Chandra Marsono October 31, 2015 at 3:39 pm #

      Ya, anda sedang proses ditipu.
      Ada kemungkinan anda akan ditelpon kedepannya, hiraukan saja. Instinct orang punya masalah adalah minta bantuan keluarga, teman atau kedutaan. Gak mungkin pada seseorang yg dia kenal online.

      • dessy October 31, 2015 at 10:38 pm #

        Saya sudah katakan sama dia apakah saya di scammed dan dia marah saya dan sepertinya agak mengancam katanya saya tidak punya hati.dan jika dia berhasil keluar tanpa bantuan saya maka dia tetap akan datang ke.Indonesia dan menemui saya,saya takut sekali pak…memang katanya dia berencana ke Indonesia ingin membelikan saya rumah dan mobil tp itu bukan permintaan saya tapi keinginan dia sendiri,tolong saya harus bagaimana pak.terima kasih pak atas sarannya.

      • Chandra Marsono November 30, 2015 at 5:43 am #

        Cuekin aja, tinggal ganti email sama nomer telpon. Biarin aja dia dateng kesini, kalo macem-macem tinggal laporin ke polisi kok. putusin hubungan aja, kalau diterusin dia akan terus terror agar anda mau.

  10. Tenriliweng November 30, 2015 at 5:18 am #

    Halo Bpk Chandra, sekArang ini saya sedang dalam hal seperti artikel disini, setelah saya baca modus nya sama.. mohon penjelasannya pak..ada foto slip pengiriman uangnya melalui Natwest security service,terakhir dia minta setorkan uang jasa beacukai di airport Rp 11.500.000,* belum sy lanjutkan krn curiga .trn kasih

    • Chandra Marsono November 30, 2015 at 5:41 am #

      Mana ada pak kirim duit pakai jasa cukai airport. Ada juga bayar di bank dan itu dipotong langsung oleh bank dari international transfer. Palsu pak. Bapak udah google Natwest Security Service belum? Itu e-banking service. Kalau transfer ya mereka ikut regulasi bank dan duit akan dipotong saat transfer. Ga ada hubungan sama bea cukai soal uang masuk, itu hubungan sama Bank Indonesia.

  11. Ng Sianawati July 22, 2016 at 5:20 pm #

    Pak, klo nomer +447927744947 itu gmn? Katanya ini temen anak teman sy yg sekolah di UK. Teman sy posisi di USA dan kerja di offshore USA

    • Chandra Marsono November 30, 2016 at 6:37 am #

      Sudah ditanyakan kepada anak teman anda kebenarannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: