Malas itu jurus ampuh jadi Entrepreneur

3 Sep

Malas? Ya betul! Malas itu adalah teman baik para entrepreneur. Kok bisa begitu? Ilmu sesat nih?

Well lets put it this way, saya berangkat sebagai seorang freelancer yang amat sangat rajin mengerjakan semuanya secara one man show hingga suatu hari saya “malas” mengerjakan apapun tapi masih pengen dapet duit. Jadi karena saya malas splicing image untuk menjadi template website, saya mulai sub kontrak splicing ke orang lain. Pada project berikutnya, kok jadi malas ya ngurusin programming, PHP, dkk. Mulai jugalah saya sub pekerjaan tersebut ke orang, hingga akhirnya semua pekerjaan yang saya dapat dikerjakan oleh orang lain. Saya cukup bertindak sebagai project manager dan bagian Quality Assurance. Eh trus males jadi project manager, well you know the rest.

Karena males-nya saya, saya punya lebih banyak waktu untuk bertemu dengan dan mendapatkan lebih banyak client dan projects. Work quantity naik, quality tetap terjaga. Itulah policy malas yang saya terapkan sejak 2002, and it has worked wonders. From a freelancer kini menjadi sebuah usaha dengan mempekerjakan para freelancers lainnya, itu semua berkat saya malas.

Akhirnya, saking malesnya saya, usaha itu dijalankan orang lain kini, dan saya memulai usaha baru. Oh ya, saya juga sudah mulai malas lagi loh…

Jadi malas itu sangat berguna asal anda tau cara mengatasinya.😉

12 Responses to “Malas itu jurus ampuh jadi Entrepreneur”

  1. Mulyanto Antodesain September 3, 2010 at 3:57 am #

    Good… I like it Chan🙂

    Posted via Comment Transfer Pro from http://bit.ly/d5wYyT

  2. Adhitya Mulya September 3, 2010 at 4:02 am #

    Keren booooooos! RT @chandramarsono: Malas itu temannya para entrepreneur #freshforum #startuplokal

    Posted via Comment Transfer Pro from http://bit.ly/c3kidU

  3. M.Kurniawan September 3, 2010 at 4:11 am #

    tepat pendapat anda !

    Posted via Comment Transfer Pro from http://bit.ly/d5wYyT

  4. mely September 3, 2010 at 5:13 am #

    wow. setuju. entrepreneur memang harus bisa mendelegasikan pekerjaan. makanya disebut “entre-preneur”, terjemahan bebasnya: makelar! hehehe…:p

  5. Nuniek Tirta Sari September 3, 2010 at 10:05 am #

    ahahaha sudut pandang yg sangat menarik, i like it!

  6. catur pw September 4, 2010 at 5:38 pm #

    hehe… dasar pemalas…😛
    ampe setiap kali meeting dengan kamu, aku ketularan malasnya chan🙂 … WARNING BUAT CALON ENTREPRENEUR!!

  7. Elias Tana Moning September 7, 2010 at 4:38 am #

    Kata orang:
    Work smart don’t work hard🙂
    Mungkin cocok untuk mengungkapkan kemalasan Bung Chandra.
    Salam sukses selalu,
    Elias

  8. Jonru March 19, 2011 at 7:14 am #

    Kemarin saya juga diskusi soal ini dengan teman2 di Koprol. Ada pertanyaan dari seorang teman yang menggelitik saya. Katanya, “Saya ingin sukses, tapi malas berusaha. Bisa enggak?”

    Dari pertanyaan ini, saya akhirnya nemu sebuah kalimat baru:
    Malas berusaha tak akan bisa membuat kita sukses. Sukses akan terjadi bila kita malas menghadapi situasi tertentu, lalu kita berusaha agar kita terbebas atau terhindar dari situasi tersebut.

    • Suyoto August 10, 2011 at 3:45 am #

      Selamat bung atas tip kemalesannya ..Itu bisa saja diterapkan bagi anda yang sudah mengalami sukses yang besar, namun jangan coba-coba bagi yang belum memiliki usaha, artinya belum pernah merintis pekerjaan tersebut.
      Males is your right…(Lazy is your right, but it is not possible for us…)
      Perlu dong bung disampaikan tip untuk kiat freelancer bung chandra…

      sendanggroup

  9. Putra Eka September 9, 2011 at 4:13 pm #

    Wah malasnya keren ya pak, saya pingin ikutan malas seperti bapak juga ah.

  10. mataelang October 7, 2011 at 7:28 pm #

    wuahahahahaha…… memang orang-orang perlu dicerahkan….

  11. pengen bisnis October 26, 2011 at 12:37 am #

    sangat persis sekali dengan kemalasan yg saya lakukan sekarang…great..🙂

Leave a Reply

