Mainstream Gaming Industri Mulai Serius Menggeluti Social Media Gaming

22 Dec

Setelah debutnya di facebook tahun 2009, Ubisoft kembali meluncurkan game baru di social media. Kali ini mereka tidak tanggung-tanggung, Ubisoft menggandeng brand serial televisi populer; CSI atau Crime Scene Investigation, dimana anda bermain sebagai seorang agen CSI yang tidak berdasarkan karakter di televisi, namun anda dapat berinteraksi dengan karakter CSI LVPD (Las Vegas Police Department) lainnya seperti Catherine Willows, Nick Stokes, Hodges, Jim Brass, dkk.

Permainan game ini memang jauh dari game CSI lainnya yang dibuat oleh Ubisoft untuk beberapa platform, namun jauh lebih mengasyikkan daripada game CSI mobile yang dibuat oleh Gameloft. Pada dasarnya setelah melakukan beberapa kali percobaan dengan meluncurkan game di facebook, sepertiny Ubisoft telah mendapatkan ramuan yang menurut mereka tepat untuk CSI.

Game yang berjudul CSI:Crime City ini cukup simple dan bermain pada energy bar seperti game facebook lainnya serta penghasilan dari penjualan barang-barang premium untuk mereka gunakan dalam game. Alur permainan sudah di set sesuai cerita, dengan kata lain anda tidak dapat membuat kesalahan disini, anda cukup memanage energi dan melakukan strategi melakukan penelitian yang efektif agar energi anda tidak habis. A nice combination.

Collecting evidence during a case in Ubisoft's CSI:Crime City

Game ini sudah dapat dimainkan walau masih dalam versi beta. Bagi anda penggemar CSI, ini tidak boleh dilewatkan. Tidak ada adegan dimana anda harus meneliti bukti seperti di game untuk platform lain, namun semua itu dikerjakan oleh rekan CSI anda lainnya, anda cukup evidence collecting dan melaporkannya.

Ubisoft bukan industri game mainstream pertama yang membawa franchise besar ke layar facebook. Tahun 2010 ini EA membawa FIFA, dan sepertinya akan bertambah banyak mainstream gaming industry yang akan terjun dan bersaing dengan perusahaan game online seperti Zynga dan Playdom yang sudah lama bercokol di social media games, dan hollywood pun juga mulai melirik. Ongkos franchise CSI tentunya tidak murah, jadi setidaknya ubisoft benar-benar yakin game ini akan laku keras dan menghasilkan untung diatas ongkos franchisenya.

Well, we’ll see. Until then, gue main dulu ya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: