Ulasan Pesta Penulis 2011

8 Mar

Writers Academy: anak perusahaan Oxford Course Indonesia yang bergerak di pendidikan penulisan, bekerja sama dengan komunitas PenulisLepas.com pada 26 Februari 2011 mengadakan acara PESTA PENULIS 2011, yang merupakan acara bagi para penulis, baik dari novelis, sastrawan, penulis cerpen, hingga blogger.

Bertempat di gedung Telkom Jakarta Barat ini mendatangkan pembicara yang tak lain adalah penulis-penulis buku best seller seperti Adhitya Mulya (penulis Jomblo, Gege Mengejar Cinta), Ligwina Hananto (perencana keuangan dan penulis buku: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin), Ning Harmanto (penulis best seller buku-buku kesehatan), Ali Muakhir (penulis buku cerita anak & pemegang rekor MURI sebagai penulis super produktif +300 buku), dan Jonru (penulis & CEO Writers Academy).

Pesta Penulis 2011 dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dan sejumlah utusan dari penerbit, media cetak plus online. Acara dimulai dengan launching Writers Academy oleh Jonru dan Prof.H.Bambang Marsono yang menceritakan awal mula Writers Academy sebagai Sekolah Menulis Online sejak 2007 dan kini melakukan relaunch dengan brand baru dan kelas yang tidak hanya online namun juga offline (tatap muka).

Acara diikuti dengan talkshow dengan saya sebagai moderator dan Ning Harmanto, Ligwina Hananto serta Adhitya Mulya sebagai nara sumber.  Talkshow  berlangsung sangat menarik sekali dimana tiap pembicara sharing mengenai proses kreatif menulisnya masing-masing, kesulitan apa yang mereka lalui, inspirasi, dan berbagi tips mengenai cara-cara mereka memasarkan buku-buku karya mereka.

Berikutnya adalah giliran para peserta acara Pesta Penulis yang naik panggung. Mereka yang penulis dan sudah menerbitkan buku diberi waktu 3 menit untuk mempromosikan buku mereka. Turut berbagi adalah para perwakilan penerbit.

Ali Muakhir membawakan presentasi mengenai artinya menjadi seorang penulis, terutama menjadi penuli buku anak-anak. Ia menceritakan mengenai proses kreatifnya, pengalaman, hingga bagaimana ia harus memahami psikologis pembacanya, yaitu anak-anak.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku Anthologi Puisi oleh komunitas PenulisLepas.com yang dimotori oleh Epri Tsaqip dan Jonru. Mereka turut mengundang kedepan para kontributor buku tersebut, diantaranya yang hadir Hasan Bisri, Dina Octaviana, Mirna Sariningsih dan Arfan Winasis. Mereka juga membacakan beberapa puisi dan menceritakan perjalanan 5 tahun mereka dalam mabuat buku anthologi ini.

Acara ditutup dengan wejangan sedikit wejangan dari saya dan perwakilan Telkom; Chris Widya. Kami mengumumkan akan melakukan acara serupa sebisanya ke lain daerah dan menjadikan acara Pesta Penulis ini event tahunan dan bulanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: