Microsoft Socl

9 Dec

My Socl Page

Baru-baru ini Microsoft meluncurkan social media mereka yang bernama Socl, dan sebagai seorang digital freak, tentunya saya langsung mencoba dan membuat akun baru. Sebagai akun social media, saya bisa signup dengan facebook atau twitter, sepertinya Microsoft tidak (atau belum) memandang social media tersebut sebagai competitor, but lets move on.

First impression saya Socl adalah hasil jika Facebook dan Pinterest selingkuh dan menghasilkan sebuah anak. Yup, its Pinterest with Facebook layout. Design is clean and very Windows 8, tapi sebagai social media langsung basi, terasa kaku dan formal banget.

Posting on SoclPosting disini sepertinya diharapkan lebih visual, mungkin untuk untuk menceriakan suasana agar gak kaku. Kita bisa post tulisan kita sendiri, atau langsung post url website dan pilih elemen mana saja yang mau kita pasang. Bisa dibilang kita bikin satu album pinterest dalam satu post. It feels like that.

121220 socl 3Hasilnya seperti gambar di kanan. Video vimeo yang saya post gak keluar, mungkinbelum ada kerjasama atau apa? Who knows. Pretty simple, tapi terus terang kok rasanya kurang social. Kurang personal dan terlalu random sharing. Lebih terasa selingkuh facebook dan pinterest ternyata adalah cinta segitiga dengan mendiang Friendster. Di page utama semua post orang keluar, dan tidak satupun post dari yang saya follow ada disitu. Post yang keluarpun terlalu sporadis, ada dalam bahasa Spanyol, Hebrew, India, dll. Sepertinya team Socl Microsoft melupakan hal yang crucial soal social media: user identification. Data yang mereka minta untuk mengidentifikasi saya kurang dan mereka sepertinya juga gak ngambil dari API facebook.

Hasilnya Socl tidak paham saya bicara bahasa apa, saya dimana, hobby saya apa, dll. Semua post di dunia dilempar sama saya. Will be a big turn off for advertizers.

Sporadic post on the home timeline

Leave a Reply

