Rencana Kemenkeu Menambah Pajak 1% dari Revenue untuk UKM

9 Jan

Kemenkeu

Rencana dirjen pajak Kemenkeu untuk memberlakukan penambahan pajak pada UKM pada 2013 ini diumumkan pada Senin 7 Januari 2013 sebagai alasan untuk memaksimalkan pendapatan pajak, atau dengan kata lain penambahan pajak ini hanya karena pemerintah ingin memajaki UKM semaksimal mungkin.

Hal ini tentunya menuai berbagai kritik. Semalam saat saya berkunjung ke Comma, Rene Suhardono dengan lantang berkata bahwa hal ini harus dilawan. Indonesia setidaknya membutuhkan 4,4 juta entrepreneur, dan saat ini hanya kurang dari 10% yang terpenuhi. Banyak khalayak mencoba membangkitkan semangat masyarakat untuk menjadi entrepreneur sehingga menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran serta tentunya menambah penghasilan negara lewat pajak. Pengusaha UKM yang sudah dikenakan pajak pendapatan dari penjualan produk serta pajak penghasilan pribadi akan ditambahkan beban pajak 0,5% s/d 1% dari revenue (pendapatan kotor) setiap tahunnya. Sebagai seorang anggota HIPMI Jaya yang aktif mengajak orang untuk menjadi entrepreneur dan pengusaha UKM, Ario Pratomo hanya bisa berkata “Gimana caranya dengan aturan begini??”

Untuk anda yang tidak setuju akan rencana Kemenkeu ini, silahkan tanda tangani petisi di Change.org ini. Hopefully kita bisa melakukan perubahan.

News Source: Antara/Yahoo.com, DailySocial

One Response to “Rencana Kemenkeu Menambah Pajak 1% dari Revenue untuk UKM”

  1. Theo Vanduber February 8, 2013 at 10:13 am #

    dengan kebijakan ini, kinerja pemerintah juga harus di optimalkan dan transparan. penambahan pajak ini menambah berat beban masyarakat juga soalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: